Jumat, 22 Mei 2020


Kalau kita menyantap suatu hidangan tentu nya tidak lengkap dengan minuman yang dapat menetralisir asupan makanan kedalam tubuh manusia. Akan tetapi minuman kini sudah begaram akan cita rasa dan jenis nya, ada manis, asam, serta menyegarkan pun sudah bisa ditemukan bahkan sudah menjadi minuman yang sangat disukai di kalangan masyarakat saat ini. indonesia memiliki suhu tropis yang dimana akan membuat dahaga seseorang akan mudah kehausan di dalam aktivitas diluar ruangan, maupun aktivitas bekerja lainya yang tentunya akan memudahkan seseorang akan merasakan kehausan. Akan tetapi banyak di kalangan masyarakat tidak terasa melengkapi dahaga ketika minum air putih saja, inilah salah satu seseorang sangat menyukai minuman es tersebut karena air es sangat bermanfaat sebagai es yang dapat menyegarkan dahaga. Minuman juga beragama akan cita rasa yang dibuat secara alami dan terjamin akan kesehatan manusia dimana seperti yang pernah kita temu dan mungkin membeli beberapa es yang dijual oleh para pedagang pedagang di jalanan atau di komplek setempat. 


Es yang dapat menyegarkan dahaga


Di indonesia memiliki beragam kuliner dari makanan ringan, makanan berat, serta minuman pun bisa di rasakan nya di setiap wilayah indonesia yang tentunya memiliki ciri khas daerah setempat tersebut. seperti provinsi jawa barat yang memiliki keragaman budaya, kuliner dll. Termasuk minuman yang tentu nya bisa kita temukan di provinsi jawa barat ini dengan berbagai macam rasa serta hidangan yang tentunya dapat menarik perhatian si penikmat nya, ada beberapa minuman es yang dapat menyegar kan di mana minuman ini adalah ciri khas jawa barat sendiri.

  1. Es oyen
    Mungkin sebagian orang belum mengetahui akan es oyen ini, akan tetapi bagi yang sudah merasakan nya tentu akan membuat lidah si penikmat nya merasa ketagihan. Es oyen ini adalah sebutan warga jawa barat aja, yang di mana es ini termasuk salah satu es campur yang memiliki cita rasa yang menyegarkan dan sangat manis, dengan berbagai jenis rasa yang terdapat dari topingan tersebut. es ini sama hal nya dengan es buah akan tetapi tidak dominan terhadap campuran buah nya tersebut, es ini dicampur dengan parutan alpukat, kelapa muda, pacar cina, serta kolang kalinga yang dicampur dalam satu es ini. dan ditambah lagi dengan nangka, susu kental manis agar membuat es ini terasa lebih manis. Biasa nya es ini tersedia di berbagai pedagang yang menggunakan gerobak yang menjual nya, akan tetapi sekarang ini sangat sulit untuk menemukan pedagang tersebut yang dimana memang sudah tersedia di salah satu tempat makan atau restoran setempat.

  2. Mango es dessert
    Es yang dapat menyegarkan ini tentu nya sudah sangat populer juga di jawa barat yang tersedia di kedai makanan tersebut. seperti nama dari es ini tentu nya bahan utama nya menggunakan mangga manis. Yang dimana mangga itu tersebut di blender terlebih dahulu agar memberikan tekstur lembut seperti sirup. Selain itu di campur dengan berbagai jenis topping seperti jelly, dan di sajikan di atas es serut. Yang tentunya ketika dihidangkan sangat lah menyegarkan, dengan rasa mango nya pun sangat terasa di lidah.

  3. Es cendol
    Pada dasar nya es cendol adalah salah satu minuman ciri khas sunda jawa barat, yang di mana dibuat menggunakan tepung beras untuk membuat si cendol nya yang diberi pewarna makanan yang hijau serta campuran daun suji. Lalu disajikan dengan es dan santan serta gula merah cair yang tentunya akan melengkapi rasa dari si es cendol ini. es ini memang salah satu minuman es yang sudah populer di jawa barat terutama di bandung dan memang sudah ada sejak dahulu, pasti nya minuman ini salah satu minuman es yang dapat menyegarkan dahaga.

  4. Es mambo
    Salah satu minuman legendaris yang sudah ada sejak dulu, yang dimana es ini dulu nya sangat tersedia di berbagai warung yang menjual nya dengan harga yang sangat murah. Akan tetapi minuman es ini kini sudah bervariasi akan cara penyajian nya dengan berbagai macam rasa di buat nya. ada yang rasa kacang hijau, coklat, rasa buah buahan dll, yang dimana membuat cita rasa es mambo sekarang ini lebih disukai di jawa barat kala ini.

  5. Es pisang hijau
    Es ini disajikan berbeda dari pada es es yang sudah dibahas sebelum nya, yang dimana es ini memang sudah sangat di sukai masyarakat jawa barat kala ini, tidak hanya di jawa barat saja akan tetapi hampir di seluruh indonesia pun menyediakan es ini. yang bikin unik nya es ini menggunakan bahan pisang yang dibungkus menggunakan kulit hijau dari tepung beras. Disajikan nya juga dengan dengan menggunakan es parut, ditambah dengan butiran kacang, meses, yang dimana membuat rasa dari es ini sangat lah berwarna ketika sudah menyentuh lidah si penikmat nya.

Es memang salah satu minuman yang dapat menyegarkan dan menjadikan minuman pelengkap ketika sedang menyantap suatu makanan  apapun, dikala aktivitas dan bersantai pun es sudah menjadi minuman yang sangat disukai di kalangan masyarakat kala ini. karna negara indonesia memiliki suhu tropis yang membuat penduduk nya akan mudah terasa haus, tentu nya ketika mengalami hal ini minuman yang di cari nya ialah es yang dapat menyegarkan.

Tagged: